Tips Memasak Brokoli Yang Baik

Tahukah anda bahwa brokoli mempunyai banyak khasiat dan manfaat luar biasa untuk kesehatan apabila di masak dengan baik. Ingin tahu tips memasak brokoli yang baik? Simak informasinya dibawah ini, namun sebelum itu silahkan simak informasi tentang brokoli :

Tentang Brokoli

Brokoli adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih. Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin.

Manfaat brokoli terbukti sangat banyak diantaranya untuk kesehatan mata dan syaraf dan ikut mengurangi tekanan darah. Disamping itu kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi membuat sayur brokoli juga sangat baik untuk kesehatan tulang. Hal menarik lain dari sayuran hijau ini adalah manfaatnya untuk kesehatan kulit juga cukup besar.

Sayuran ini juga sangat ampuh untuk mencegah kanker kolon, kanker prostat, kanker paru, dan kanker perut. Bukan rahasia lagi jika brokoli disebut sebagai sayuran sarat khasiat kesehatan. Kerabat dekat kembang kol (cauliflower) ini kaya akan provitamin A (karotenoid), asam folat dan vitamin C.Brokoli juga mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, potasium, kalium, besi dan selenium. Sulfur dalam bentuk glukosinolat, senyawa antidot, monoterpene dan genestein jugadapat ditemukan dalam brokoli.

Berikut Tips Memasak Brokoli

Memasak brokoli membutuhkan kehati-hatian tersendiri. Cukup dimasak sebentar saja agar vitaminnya tidak rusak dan warnanya tetap menarik. Memasak brokol terlalu matang akan membuat warnanya menjadi hijau kehitaman. Kadar nutrisinya juga banyak yang hilang, terutama vitamin C. Agar brokoli tetap hijau segar, rebus dengan air mendidih yang telah dicampur dengan 1/2 sdt garam.

Nah itulah yang bisa disampaikan yen learns to cook tentang tips memasak brokoli yang baik, semoga saja informasi yang disampaikan ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi oleh anda semua. Simak informasi lainnya di situs ini.

0 komentar:

Poskan Komentar